Ilustrasi ice cream

5 Tips Memilih Ice Cream Machine yang Terbaik

Ice cream disukai berbagai kalangan usia, tidak hanya anak-anak dan remaja, tidak sedikit juga orang dewasa yang suka makan ice cream. Memiliki ice cream machine bisa jadi pilihan untuk membuat es krim sendiri di rumah bersama keluarga. Selain itu, anda juga bisa manfaatkan untuk membuat bisnis kecil-kecilan di rumah.

Tips Memilih Mesin Pembuat Ice Cream

Baik untuk kepemilikan pribadi atau bisnis, anda perlu memilih mesin ice cream dengan kualitas yang bagus. Nah, anda bisa terapkan beberapa tips berikut ini ketika memilih mesin ice cream terbaik.

  1. Pilih Sesuai Kebutuhan

Ice cream maker yang dijual di pasaran bervariasi seperti yang manual tanpa listrik atau yang otomatis membutuhkan listrik. Ada juga yang digunakan untuk membuat jenis soft ice cream atau hard ice cream. Jadi pilihlah sesuai dengan kebutuhan anda saja.

  1. Ketahui Komponen pada Ice Cream Machine

Sebelum memilih pastikan juga untuk memperhatikan komponen pada ice cream machine. Umumnya mesin pembuat es krim terdiri dari kondensor mesin, hopper untuk tempat adonan, expansion valve untuk evaporasi, cooling room, dan valve sebagai kran untuk mengeluarkan es krim dari mesin. Namun, setiap mesin biasanya memiliki perbedaan komponen. Anda bisa melihat informasi komponen mesin pada deskripsi produk atau buku panduan yang biasanya sudah satu paket dengan mesin.

  1. Perhitungkan Waktu yang Dibutuhkan dalam Pembuatan Ice Cream

Pastikan juga untuk memperhitungkan waktu pembuatan ice cream yang bisa dilakukan mesin. Bila mesin es krim hanya untuk dioperasikan di rumah dan mungkin jarang digunakan, memperhitungkan waktu memang tidak wajib. Tetapi hal ini penting jika mesin es krim yang anda beli akan digunakan untuk bisnis jualan es krim. Tentunya mengharuskan produksi es krim dalam jumlah yang besar sehingga semakin cepat mesin membuat ice cream akan semakin baik.

  1. Ketahui Daya Listrik Mesin

Hal lain yang juga penting diperhatikan adalah daya listrik untuk mengoperasikan mesin es krim, apalagi jika digunakan di rumah. Terkadang ketika menyalakan alat elektronik yang berdaya besar, listrik rumah bisa mati tiba-tiba. Oleh karena itu, anda perlu mengetahui besarnya daya listrik dari mesin ice cream yang dipilih. Sesuaikan dengan kekuatan listrik dirumah anda, atau bisa disiasati dengan menggunakan pada waktu yang tepat untuk menyalakan alat elektronik lainnya.

  1. Perhatikan Ukuran Mesin Ice Cream

 Sebelum membeli ice cream machine, anda juga harus mengetahui tempat untuk menempatkan mesin itu. Jika area yang anda siapkan kecil, sebaiknya pilih mesin yang berukuran mini, begitupun sebaliknya. Selain ukurannya, anda juga perlu mengetahui kapasitas ice cream maker tersebut dalam sekali proses pembuatan. Dengan begitu, anda bisa memperhitungkan butuh berapa kali produksi untuk menghasilkan es krim yang dibutuhkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.