behel gigi

5 Jenis-Jenis Behel Gigi Sesuai Kebutuhan

Pada umumnya, kawat gigi atau behel gigi Jakarta dapat dibagi menjadi beberapa tipe, yang mana pada biasanya ditentukan oleh dokter gigi melalui pemeriksaan sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Supaya mengetahuinya simak ulasannya di bawah ini.

  1. Kawat gigi permanen

Kawat gigi permanen merupakan jenis kawat gigi yang dipasang menetap pada gigi yang tidak dapat dilepas-pasang secara sendiri oleh penggunanya. 

Kawat gigi permanen ini dalam pemasangan biasanya terdiri dari beberapa komponen yang meliputi:

  • Bracket         : bagian kawat gigi yang memiliki bentuk kotak kecil menempel di permukaan gigi. Biasanya terbuat dari material stainless steel atau bisa juga keramik.
  • Orthodontic ring    : memiliki bentuk seperti cincin untuk menyambungkan bracket dan gigi. Biasanya terbuat dari titanium atau stainless steel.
  • Kawat fleksibel         : sebagai pemberi dorongan agar gigi dapat bergeser
  • Karet o-ring         : berfungsi untuk menahan kawat supaya tetap pada posisinya. 
  1. Kawat gigi lepas pasang

Berbeda dari kawat gigi permanen yang tidak dapat dilepas-pasangan dengan sendirinya, jenis behel gigi lepas pasang ini dapat dilepas oleh penggunanya. Biasanya bahannya terbuat dari plat akrilik yang dapat menutupi langit-langit mulut dan menempel di beberapa gigi.

Kawat gigi jenis ini dapat dilepas-pasang apabila penggunanya akan berenang, olahraga,  membersihkan mulut, dan lain sebagainya.

  1. Kawat gigi fungsional

Kawat gigi fungsional merupakan jenis behel gigi Jakarta memiliki fungsi utama untuk mengoreksi atau memperbaiki susunan gigi yang terlalu maju atau berantakan dengan cara memperbaiki bentuk rahang.  

  1. Headgear

Headgear merupakan alat yang berbentuk kerangka besi menempel pada kepala dan tersambung ke behel gigi. Alat ini umumnya tidak hanya berfungsi dalam mengatasi gigi yang tidak rapi, tetapi juga dalam memperbaiki struktur dan posisi rahang. 

  1. Kawat lingual

Biasanya Behel lingual terbuat dari bahan logam yang ditempelkan pada bagian belakang gigi, dengan begitu behel gigi Jakarta ini tidak terlihat dari luar.

Itulah, beberapa jenis behel gigi Jakarta yang biasanya dipakai sesuai dengan kondisi gigi dari penggunanya. Pastikan pasang behel gigi yang Anda lakukan di dokter gigi yang telah berlisensi, sehingga terjamin akan keamanannya. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.