Ilustrasi tabungan

Pengertian Peer to Peer Lending dan Bagaimanakah Cara Kerjanya

Istilah dari peer to peer lending tentu masih asing bagi sebagian besar masyarakat. padahal keberadaannya sudah banyak dimanfaatkan untuk dunia finansial lho. Mengenai konsep satu ini, terdapat 2 pendekatan yang bisa dipilih yakni menjadi pihak peminjam ataukah pemberi pinjaman tersendiri. 

Walaupun memberikan banyak keuntungan, tetapi sistem P2P Lending inipun bukan berarti tanpa risiko lho. Jika anda melakukannya dengan cara salah maka bukan tidak mungkin justru kerugianlah yang akan didapatkan. Untuk memahaminya lebih jauh, maka perlu untuk mengetahui pengertian dan cara kerjanya berikut. 

Pengertian Peer to Peer Lending 

Sebelum mengetahui cara kerja dari P2P Lending ini, maka anda harus mengetahui bagaimanakah pengertiannya terlebih dahulu. adapun Peer to Peer Lending ini sendiri merupakan sebuah metode untuk memberikan pinjaman uang kepada pihak individu ataupun bisnis. 

Seseorang yang memberikan pinjaman dikenal dengan pendana atau investor. Keuntungan yang bisa didapatkan sendiri berasal dari bunga pinjaman yang diajukan kepada pihak peminjam. Sebaliknya, sistem ini bagi peminjam berarti kegiatan untuk mengajukan pinjaman buat keperluan individu ataupun bisnis. 

Secara singkat, sistem ini akan menghubungkan pihak dari pemberi pinjaman dengan peminjam yang dilakukan secara online. Lantas bagaimanakah cara kerjanya nanti? Anda bisa langsung memahaminya berikut ini. 

Pendana sendiri bisa memulai memberikan dana secara instan ke beragam pinjaman. Nantinya pihak pendana mempunyai akses buat melihat data-data dari pihak peminjam melalui aplikasi pinjaman online. Adapun informasi tersebut meliputi 

  1. Pendapatan
  2. Riwayat keuangan 
  3. Tujuan melakukan pinjaman dan masih banyak lagi. 

Sebagai pihak peminjam sendiri biasanya hanya perlu mengunggah syarat yang dibutuhkan agar bisa melakukan pinjaman secara online dengan proses sangat mudah. Namun apakah permohonan tersebut akan ditolak ataupun diterima ternyata tergantung pada beberapa hal. Jika anda membutuhkan dana dengan cepat, maka sistem P2P Lending ini bisa menjadi pilihannya. 

Dengan menggunakan sistem inilah sebenarnya akan memberikan banyak manfaat dari masing-masing kedua belah pihak baik dari pendana ataupun peminjam. Demikian ulasan mengenai sistem dari Peer to Peer Lending tersebut. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.