perusahaan jasa maklon indonesia

Apa itu Perusahaan Jasa Maklon Indonesia

Kehadiran Perusahaan Jasa Maklon Indonesia sangat membantu untuk memulai usaha bisnis beberapa produk. Tak perlu membangun pabrik dan membeli mesin-mesin produksinya dan menggaji buruh serta karyawannya maka sudah bisa memiliki produk jualan dengan nama merk atau brand sendiri.

Perusahaan Jasa Maklon

Perusahaan Jasa Maklon adalah perusahaan yang memproduksi berbagai jenis barang jualan tanpa merk, yang bisa dipesan dalam jumlah minimal tertentu lalu diberi nama merk atau brand sesuai keinginan pemesannya.

Aneka Produk Maklon

Cukup banyak barang yang bisa dipesan dan diproduksi secara maklon. Beberapa diantaranya mulai dari produk sepatu, celana jins dan kaos juga jenis pakaian lainnya, tas, hingga aneka produk kosmetik, mulai lipstik, bedak hingga lotion dan lain sebagainya. Banyak para artis dan selebriti public figur yang memulai bisnisnya dengan pengadaan barang produk jualannya secara maklon, dan cukup sukses meraup keuntungan yang besar. Hal ini karena harga jualnya bisa ditentukan sendiri dan nilai tambah akibat pencantuman merk atau brand sendiri tersebut bisa seluruhnya dinikmati secara utuh.

Sistem Maklon

Beberapa produk maklon tersebut bisa dipesan secara Original Equipment Manufacturer (OEM) ataupun Original Design Manufacurer (ODM). Jika produk maklon yang dipesan adalah berupa produk standar sesuai yang telah ada dan selama ini diproduksi di perusahaan jasa maklon maka disebut sebagai sistem maklon OEM. Namun jika produk maklon yang dipesan adalah berupa produk custom secara khusus yang berbeda dengan produk standarnya, baik pada core produk atau pada kemasannya maka disebut sebagai sistem maklon ODM. Ada beberapa perusahaan maklon yang menawarkan sistem OEM saja namun ada juga beberapa perusahaan maklon yang menawarkan kedua sistem tersebut, yaitu bisa dipesan secara OEM ataupun secara ODM. Berbagai penyesuaian produk standar yang dimodifikasi menjadi produk custom secara ODM tersebut bisa berupa pengurangan komponen jenis bahan tertentu atau penambahan komponen jenis bahan tertentu, atau perubahan pada persentase komposisinya, perubahan warna, motif dan ukuran atau perubahan pada kemasannya yang bisa meliputi desain, ukuran serta bahannya.

Itulah sekilas mengenai perusahaan jasa maklon Indonesia.

Leave a Comment

Your email address will not be published.