biaya cetak buku

Empat Keuntungan Melakukan Proses Cetak Buku Secara Pribadi

Memiliki sebuah draft tulisan yang sudah memasuki tahap final rasanya kurang lengkap jika tidak diwujudkan menjadi sebuah karya seperti buku. Meski saat ini sudah ada penerbit, namun beberapa penulis memutuskan melakukan proses cetak buku pribadi. Lantas apa sih keuntungan melakukan proses cetak sebuah buku secara pribadi dan berapa biaya cetak buku? Ini penjelasan selengkapnya.

Tidak akan melewati birokrasi penerbit

Memang benar adanya penerbit bisa menjadi lebih mudah mendapatkan buku yang bisa dijual dengan mudah. Namun perlu diketahui juga jika setiap penerbit memiliki birokrasi yang berbeda-beda. Dari sinilah terkadang muncul kendala bagi para penulis baru.

Dalam birokrasi tersebut terdapat sebuah proses review dari pihak penerbit. Setiap review buku memakan waktu yang berbeda-beda. Ada beberapa buku yang mendapatkan proses review selama berbulan-bulan.

Karena hal tersebutlah keinginan penulis untuk mendapatkan proses publishing cepat jadi terhalang. Akan tetapi berbeda cerita ketika penulis memutuskan untuk melakukan self publishing.

Pasalnya proses self publishing bisa dilakukan dengan sistem yang lebih cepat karena para penulis akan melakukan cetak buku secara pribadi. Dan terkadang proses self publishing kerap dijadikan sebuah pilihan.

Pendapatan sesuai dengan keinginan

Dengan menggunakan jasa penerbit biasanya akan sistem perhitungan terkait dengan pendapatan dari penjualan buku. Setiap penerbit memiliki kalkulasi perhitungan yang berbeda-beda. Namun perlu diketahui jika mungkin para penulis bisa saja mendapatkan pendapatan yang tidak sesuai dengan keinginan.

Akan tetapi berbeda cerita ketika penulis melakukan proses self publishing. Artinya seluruh proses dari mulai mencetak buku hingga penjualan dan perhitungan harga biaya cetak buku akan ditentukan secara pribadi oleh penulis.

Dengan begini para penulis bisa mendapatkan harga dan juga pendapatan sesuai dengan keinginan. Seluruh proses terkait dengan perhitungan biaya cetak buku akan dikelola pribadi oleh penulis. Dengan begini laba bersih akan lebih mudah diketahui oleh penulis.

Lebih mudah kalkulasi pengeluaran

Mungkin dalam proses self publishing akan ada kendala seperti kebutuhan dana biaya cetak buku yang dikeluarkan. Dahulu memang seperti itu prosesnya, dimana para penulis belum tahu estimasi yang akan dikeluarkan dari proses cetak setiap lembar, cetak cover hingga proses penjilidan.

Akan tetapi saat ini beberapa jasa percetakan sudah menyediakan layanan perhitungan estimasi pengeluaran. Dengan begini para penulis yang akan melakukan self publishing akan lebih mudah mendapatkan perkiraan pengeluaran.

Desain cover sesuai selera

Jika menggunakan jasa penerbit biasanya para penulis hanya diberikan hak untuk memberikan draft tulisan saja. Untuk penentuan cover buku akan ditentukan oleh pihak penerbit.

Akan tetapi jika Anda akan melakukan proses self publishing. Maka seluruh proses yang berhubungan dengan publishing buku akan dilakukan secara pribadi. Termasuk dalam proses pembuatan cover.

Dengan ini Anda sebagai penulis bisa lebih mudah untuk menuangkan ide apa yang ingin dijadikan sebuah cover.

Itulah beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika melakukan proses cetak buku secara pribadi. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.