Mengenal dan Mengetahui Fungsi dari Genset Silent

Berbicara terkait dengan genset, pasti kita tahu bahwa hal pertama dari genset ini akan menghadirkan fungsi sebagai alat pembangkit listrik  utama dan juga listrik cadangan. Umumnya genset mudah ditemukan baik itu online maupun offline di jual genset silent. Namun perlu kita ketahui bahwa genset silent sendiri salah satu genset yang cukup berbeda jenis dari genset yang lain. Dimana genset silent ini memiliki suatu yang lebih senyap ketika dinyalakan. Karena memiliki penutup yang biasa disebut dengan canopy. 

Dimana canopy ini sendiri merupakan kepingan atau plat besi dan busa yang dapat mengendapkan suara mesin dari genset. Canopy ini sendiri biasanya menutupi semua bagian dari badan genset silent sehingga suara mesin ketika genset ini dinyalakan menjadi lebih senyap.

Ada beberapa fungsi dari genset silent sendiri yang bisa anda ketahui, berikut beberapa fungsi dari genset silent, diantaranya yaitu:

  1. Sebagai alat bantu atau cadangan pembangkit listrik

Kita tahu bahwa fasilitas listrik sebetulnya saat ini adalah hal yang cukup mudah diakses terutama di kota-kota besar, namun selaras juga dengan tumpah ruahnya listrik maka segala perlengkapan mulai untuk kegiatan sehari-hari, peralatan kantor, peralatan sekolah hingga kendaraan saat ini telah memanfaatkan listrik. Ketika pasokan listrik utama dari PLN terjadi pemadaman, maka pada umumnya kita akan membutuhkan pasokan atau sumber listrik cadangan dari generator set atau genset ini. Inilah salah satu fungsi utama dari genset itu sendiri.

  1. Sebagai pemasok listrik untuk acara di luar ruangan

Aktivitas dan beberapa acara biasanya yang diselenggarakan di luar ruangan juga membutuhkan pasokan listrik yang tidak sedikit. Seringkali misalnya acara ini dilaksanakan di tengah lapangan atau kebun yang cukup jauh dari sumber listrik rumah atau gedung. Maka dibutuhkan genset atau generator set ini sebagai sumber listrik yang digunakan untuk acara tersebut.

  1. Mengurangi polusi suara

Kita tahu bahwa bunyi dan mesin generator set pada umumnya jika dinyalakan cukup mengakibatkan kebisingan, maka dengan genset silent resiko dari polusi suara akan berkurang karena suara mesin dari genset silent dapat diredam dengan canopy yang menutupi permukaan dari genset silent ini sendiri.

  1. Dapat diletakkan diluar ruangan dan terkena panas serta hujan

Genset silent juga menghasilkan polusi dari pembakaran mesin ketika dinyalakan, maka pada umumnya genset memang diletakkan di dalam ruangan tertutup. Akan tetapi genset sendiri jika diletakkan diluar ruangan terkena matahari dan hujan juga dapat mengganggu kualitas bahkan dapat menimbulkan kerusakan pada bodi atau mesin. 

Namun genset silent merupakan genset yang akan tahan terhadap hujan dan panas karena lapisan canopy yang terbuat dari lempeng besi dan busa kedap suara. Sehingga cahaya panas matahari dan hujan tidak akan mengenai langsung bagian mesin dari genset silent dan membuatnya lebih tahan lama.

Leave a Comment

Your email address will not be published.