Ilustrasi pergerakan suku bunga deposito bank

Jenis Suku Bunga yang Bisa Anda Pilih untuk Tabungan Deposito

Suku bunga deposito bank termasuk dalam reward ke nasabah karena telah mempercayakan penyimpanan ke pihak bank selama kurun waktu tertentu, bisa dikatakan bahwa saat nasabah mempercayakan simpanannya ke sebuah bank maka pihak bank akan memberikan komisi dari apa yang Anda simpankan.

Jenis suku bunga yang mendampingi tabungan bank adalah sebagai berikut:

  1. Suku bunga tetap

Adalah suku bunga yang bersifat stabil tidak berubah awal hingga akhir misalnya yang terjadi pada suku bunga cicilan rumah KPR, atau kendaraan. Suku bunga jenis ini lebih nyaman dipilih karena sistem keuangan belanja tertata stabil.

  1. Suku bunga flat

Adalah suku bunga yang hitungannya merujuk ke jumlah pokok pinjaman di muka pada waktu tertentu untuk setiap angsuran, biasanya untuk jangka pendek. Misalnya, cicilan untuk kredit ponsel, laptop atau lainnya.

  1. Suku bunga mengambang

Adalah suku bunga yang mengikuti perubahan suku bunga di pasaran. Ketika suku bunga pasarnya naik maka suku bunga nasabah juga ikutan naik. Agak sedikit khawatir jika memakai suku bunga semacam ini karena tidak stabil.

  1. Suku bunga efektif

Adalah suku bunga yang mengalami penyusutan seiring dengan susutnya nominal pokok pinjaman. Misalnya, Anda mengambil hutang sebesar Rp. 5 juta dengan jangka waktu 10 bulan, bunga bulan pertama sebesar 1,2% kemudian bunga bulan kelima sebesar 0,8%.

  1. Suku bunga anuitas

Adalah suku bunga yang ditambahkan ke jumlah pokok pinjaman sehingga total akhir pinjaman setiap bulan jatuhnya sama. Misalnya, bulan pertama bunganya 0,4% kemudian ditambahkan dengan pokok pinjaman dengan hasil akhir Rp. 245.899,32. Bulan berikutnya juga sama besarnya biaya angsuran bulan kesatu.

Agar Anda semangat menabung, bisa mencari bank dengan suku bunga tertinggi dan stabil agar makin banyak bunga masuk ke rekening tabungan Anda. Suku bunga stabil bisa diprediksikan jumlah akhirnya kendati sangat kecil 0,2%. Kenyamanan menabung di bank salah satunya bisa Anda rasakan ketika jangka waktunya lama. Manfaatkan Jenis suku bunga deposito sebagai pemenuhan kebutuhan Anda, hindari mengambil deposit sebelum masa waktunya berakhir.

Leave a Comment

Your email address will not be published.