tes ovulasi pada pcos

Apa Itu PCOS? Cek Penjelasannya di Sini

Memiliki buah hati adalah keinginan setiap keluarga. Bahkan ada keluarga yang benar-benar mempersiapkan program kehamilan agar bisa mendapatkan buah hati sesuai dengan keinginan mereka. Namun terkadang ada beberapa kendala yang memiliki kendala seperti (PCOS). Nah sebelum mengetahui cara tes ovulasi pada PCOS akan lebih baik jika Anda juga tahu PCOS.

Apa itu Sindrom polikistik ovarium atau polycystic ovarian syndrome (PCOS)

Sebelum Anda mengetahui cara tes ovulasi pada PCOS. Tentunya Anda juga harus tahu ulasan tentang Sindrom polikistik ovarium atau polycystic ovarian syndrome (PCOS). 

Seperti yang dijelaskan sebelumnya jika terkadang ada beberapa wanita yang mengalami kondisi Sindrom polikistik ovarium atau polycystic ovarian syndrome (PCOS). Namun mungkin saja mereka tak sadar jika memiliki kondisi tersebut.

Lalu sebenarnya apa sih Sindrom polikistik ovarium atau polycystic ovarian syndrome (PCOS). PCOS adalah sebuah gangguan yang terjadi pada wanita ketika berada di usia subur. Mereka yang mengalami kondisi PCOS akan mengalami gangguan pada menstruasi sekaligus akan mendapatkan kadar hormon maskulin yang berlebihan.

Ketika seorang penderita PCOS mengalami kondisi hormon maskulin yang berlebihan dapat mengakibatkan ovarium ataupun indung telur mengalami produksi kantong-kantong berisi cairan secara berlebihan.

Hal ini juga bisa mengakibatkan sel telur tidak bisa melakukan perkembangan dengan sempurna sekaligus gagal dalam proses pelepasan secara teratur.

Selain itu penderita Sindrom polikistik ovarium atau polycystic ovarian syndrome (PCOS) juga bisa mendapatkan kondisi tidak subur atau lebih sering disebut dengan mandul. Bisa juga kondisi PCOS akan mengakibatkan penderitanya mengalami diabetes dan tekanan darah yang terlalu tinggi.

Penyebab terjadinya Sindrom polikistik ovarium atau polycystic ovarian syndrome (PCOS)

Meski sampai saat ini mereka yang mengalami kondisi Sindrom polikistik ovarium atau polycystic ovarian syndrome (PCOS) belum diketahui penyebabnya secara pasti. Namun ada beberapa faktor yang diduga bisa mengakibatkan seseorang mengalami kondisi PCOS.

  1. Adanya kondisi kelebihan hormone insulin

Faktor pertama yang diduga bisa mengakibatkan seseorang mengalami kondisi PCOS adalah adanya kelebihan kadar hormone insulin. Hormone insulin adalah sebuah hormone yang mampu menurunkan kadar gula darah.

Ketika hormone insulin berlebihan maka bisa membuat tubuh meningkatkan produksi hormon androgen sekaligus mengurangi sensitivitas tubuh terhadap insulin.

  1. Faktor genetik

Faktor berikutnya yang diduga mampu membuat seseorang mengalami kondisi Sindrom polikistik ovarium atau polycystic ovarian syndrome (PCOS) adalah adanya salah satu anggota keluarga yang menderita PCOS.

Jika ada salah satu anggota keluarga yang mengalami kondisi PCOS. Maka hal tersebut diduga bisa mengakibatkan keturunannya mengalami kondisi yang sama.

Nah itulah informasi tentang PCOS yang bisa Anda ketahui sebelum mengerti bagaimana cara tes ovulasi pada PCOS secara lebih lengkap lagi. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.