ilustrasi besi galvanis

Berkenalan dengan UNP Galvanis

Dalam proses pembangunan sebuah rumah atau gedung, ada berbagai macam produk besi yang sering dipakai. Salah satunya adalah besi kanal UNP atau yang sering disebut dengan UNP Galvanis.

Apa yang Dimaksud dengan UNP Galvanis?

UNP Galvanis merupakan besi yang kerap dipakai untuk dijadikan sebagai penopang pada dinding maupun atap sebuah bangunan. Selain itu UNP Galvanis juga kerap dimanfaatkan untuk menyambungkan beberapa komponen sampai dijadikan sebagai balok penutup.

Umumnya UNP Galvanis akan terbuat dari besi murni, dan harganya akan berbeda tergantung dari ukuran yang diperlukan.

Besi merupakan salah satu bahan material yang kerap digunakan untuk membuat struktur dan juga kerangka bangunan yang kuat di atas sebuah fondasi.

Material besi ini kabarnya telah digunakan sebagai bahan untuk bangunan sejak akhir abad ke-17 dengan digunakannya besi untuk membangun jembatan.

Dulu, besi hanya hadir dalam bentuk panjang. Tetapi sekarang telah hadir besi kanal UNP atau UNP Galvanis yang berbentuk penampang irisan yang mirip dengan kanal yang menyerupai huruf u.

UNP Galvanis sering dipakai sebagai penopang utama maupun penyangga bangunan. Besi ini juga digunakan untuk jembatan atau penguat pada suatu konstruksi suatu bangunan.

Bisa dibilang besi UNP Galvanis merupakan jaminan sebuah bangunan bisa berdiri kokoh serta tahan lama.

Apa Fungsi UNP Galvanis?

Setelah mengetahui apa yang dimaksud dengan besi UNP Galvanis, sekarang Anda akan mengetahui apa saja fungsi dari besi UNP Galvanis. Berikut beberapa contoh kegunaannya.

  • Penopang Jembatan

Biasanya, UNP Galvanis bisa digunakan di kawasan desa untuk membuat jembatan yang tidak terlalu besar. Sebab, besi ini memiliki ruang didalamnya yang dapat Anda isi dengan beton yang menyebabkan daya cengkeram pada besi tersebut sangat kuat.

Namun sebagai informasi, Anda tidak bisa memakai besi UNP Galvanis untuk membuat jembatan lebih besar karena tekanan yang datang baik dari atas dan bawah akan berpotensi membuat besi ini goyah.

  • Penutup untuk Atap

UNP Galvanis sering dijadikan sebagai penutup atap karena selain awet, besi yang satu ini dikenal bisa melindungi bahan lain yang terletak di bawahnya.

Hal ini akan sangat membantu menghemat biaya perawatan bangunan sebab umumnya bangunan yang memakai besi ini akan awet untuk jangka waktu yang lama.

  • Bisa Dibuat Sebagai Saluran Air

Banyak rumah dan juga bangunan besar memakai UNP Galvanis untuk dibuat sebagai saluran air. Air tersebut disalurkan ke besi ini dari genteng kemudian mengalir lagi sampai bawah lewat pipa.

  • Dijadikan Purlin

Purlin merupakan sebutan untuk rangka atap yang memanjang dan dijadikan penopang untuk material lain yang ada di atasnya. UNP Galvanis bisa dijadikan sebagai purlin karena memiliki daya cengkram yang kuat.

 Itulah sedikit informasi tentang UNP Galvanis, semoga bermanfaat bagi Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published.