Ilustrasi Harga Genteng Metal

5 Trik Merawat Genteng Metal

Genteng metal merupakan salah satu pilihan atap yang terbuat dari bahan baja ringan yang berkualitas untuk dijadikan sebagai atap di hunian Anda. Atap atau genteng merupakan salah satu komponen utama di tempat tinggal Anda. Harga genteng metal terjangkau semakin banyak dicari karena kualitasnya yang tidak diragukan lagi.

Ada banyak jaminan mutu yang akan Anda dapatkan ketika Anda memilih berbagai merk genteng metal terbaik. Meskipun Anda telah mendapatkan jaminan terbaik untuk genteng metal di rumah Anda, tetap ada 5 trik merawat genteng metal yang bisa Anda lakukan untuk membuat genteng semakin awet.

  • Gunakan Air Saat Musim Panas

Di saat cuaca sedang panas, biasanya udara cenderung kering. Hal ini bisa membuat genteng yang terbuat dari bahan metal mengalami kekeringan lalu kemudian mudah pecah. Agar genteng tidak mudah pecah Anda bisa menggunakan air sebagai pendingin dan anti lapuk untuk genteng Anda.

Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu menyiramkan air ke genteng di rumah Anda ketika cuaca sedang panas. Air bukan hanya mendinginkan namun juga berfungsi untuk mencegah genteng pecah dan lapuk.

  • Bersihkan Secara Berkala

Trik selanjutnya adalah rutin membersihkan genteng yang terbuat dari bahan metal. Meskipun terlihat simpel dan mudah untuk dilakukan, namun poin ini sangat penting untuk ditepati. Kotoran berupa debu atau daun kering bisa menumpuk di atas genteng Anda.

Kotoran yang banyak terdapat di atap atau di genteng berpotensi mempercepat proses kerusakan genteng. Agar hal itu tidak terjadi, Anda sebaiknya membersihkan genteng secara teratur sehingga kerusakan tidak mudah terjadi.

  • Rawat Kekuatan Sambungan

Genteng tentu memiliki sambungan yang digunakan untuk menyambungkan antara 1 genteng dan genteng yang lain. Sambungan ini kerap kali lepas dan membuat genteng menjadi kurang awet.

Agar genteng Anda tetap terjaga kondisinya, sebaiknya Anda merawat kekuatan genteng dengan melakukan pemeriksaan rutin terhadap seluruh sambungan yang digunakan pada genteng tersebut.

  • Lakukan Penggantian Bila Ada Kerusakan

Saat Anda memeriksa kerusakan secara rutin, dan Anda menemukan adanya kerusakan pada genteng Anda, pastikan Anda langsung mengganti genteng yang rusak tersebut. Kerusakan genteng yang didiamkan terlalu lama dapat membuat lebih banyak ganteng yang rusak.

  • Pilih Ukuran Genteng yang Sesuai

Anda juga sebaiknya memilih ukuran genteng yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda. Tidak perlu memilih ukuran genteng yang terlalu besar karena hal itu berpotensi membuat genteng lebih mudah patah. Cukup pilih genteng yang paling sesuai dengan ukuran atap di rumah Anda.

Dengan melakukan cara perawatan genteng metal yang benar, harga genteng metal akan memiliki ketahanan yang lebih lama untuk menjadi atap rumah Anda. Lakukan beberapa trik tersebut secara teratur supaya harga genteng metal di hunian Anda bisa digunakan untuk jangka waktu yang lebih panjang.

Leave a Comment

Your email address will not be published.