ilustrasi cetak kalender

Mencetak Kalender dengan Aneka Model

Era kemajuan digital jaman kini berpengaruh juga terhadap kecanggihan gadget semacam laptop, telepon genggam dan komputer personal. Dari sebuah handphone di genggaman tangan, pemiliknya bisa mengatur kehidupannya dengan berbagai aktifitas setiap hari. Berbagai aplikasi bisa diunduh di telepon genggam, seperti jam digital, baca kitab, pengingat kegiatan, menghitung denyut jantung, catatan ringkas, dan sebagainya, termasuk aplikasi kalender. Model kalender yang ditawarkan sangat beragam, baik dari segi model, warna, dan fitur-fiturnya. Begitu cepat dilihat, ringkas, dan selalu ada dalam genggaman.

Meskipun kalender sudah begitu mudah dilihat dari berbagai gadget, namun kalender cetak masih banyak digunakan dan dibutuhkan di berbagai tempat. Lihat saja kalender masih dipajang di ruang kantor, kalender di tembok rumah, di ruang kelas sekolahan dan ruang guru, dan kalender meja yang sengaja dipasang dengan foto-foto pribadi di meja kerja dan meja belajar. 

Dengan kalender cetak, kita masih bisa menulis catatan-catatan kecil secara manual tepat pada tanggal yang ditentukan. Kalender cetak juga bisa langsung dilihat tanpa membuka handphone, dan nilai estetika juga indah dipandang mata. Keberadaan kalender cetak bisa dilihat oleh siapa saja, berbeda dengan telepon genggam yang sifatnya pribadi. 

Untuk itu, ada baiknya kita membuat kalender cetak dengan model dan gaya yang menarik. Percetakan kalender ada dimana-mana, pasti di daerah Anda juga banyak yang menawarkan jasa percetakan kalender.

Membuat Kalender Cetak

Kalender bisa dibuat hanya untuk kepentingan pribadi, yakni berkreasi sendiri yang hanya dibuat 1 atau 2 buah penanggalan saja. Namun ada juga kalender yang dibuat secara massal, yakni biasanya kalender yang dicetak dengan mesin pencetak atau printing. Kalender cetak dibuat banyak bisa digunakan sebagai media promo, memperkenalkan logo instansi, baik pemerintah maupun swasta, dan menunjukkan jati diri sebuah komunitas, sanggar, atau perkumpulan. 

Dari kalender cetak juga berbagai kegiatan sebuah perkumpulan bisa ditunjukkan berupa foto-foto yang bisa dipajang berganti-ganti dari setiap bulan di kalender tahunan. Dari kalender khusus sebuah instansi pula, ada catatan dan tanggal-tanggal penting yang menjadi momen penting dari instansi tersebut yang bisa ditulis cetak selain catatan momen-momen umum lainnya. Jadi ada baiknya mencari jasa percetakan yang bisa menghasilkan hasil cetakan kalender yang bagus. 

Memilih Jasa Percetakan Kalender

Percetakan kalender yang bagus adalah jasa percetakan yang sangat memerhatikan kualitas hasil cetakannya. Pada umumnya jasa percetakan akan menerima orderan cetak kalender minimal 100 buah untuk kalender dinding, dan minimal 50-75 buah untuk kalender meja. Ada juga model kalender lembaran seperti kalender Cina jaman dahulu, yang rata-rata jasa percetakan mau menerima orderan cetak kalender tersebut minimal 70 buah, sudah termasuk papan tempelnya. 

Selain itu, ada berbagai model kalender cetak lainnya yang bisa di custom sendiri, sesuai selera Anda dan instansi  atau komunitas. Jika kita meminta jasa percetakan itu ikut mendesain gambar dan model kalender orderan Anda, maka kita butuh biaya tambahan sebagai jasa desain, diluar dari jasa cetak.

Jadi, yuk buat kalender cetak sesuai gaya dan seleramu.

Leave a Comment

Your email address will not be published.