baja ringan jakarta

Meningkatkan Ketahanan Bangunan dengan Menggunakan Baja Ringan

Pada saat kita mendengar tentang konstruksi baja ringan jakarta, pasti yang kita pikirkan gedung tinggi pencakar langit, jembatan besar hingga pembangunan gudang atau pabrik. Karena ketahanan serta kekuatannya yang sudah terkenal dan tidak diragukan lagi untuk melakukan suatu pembangunan. Selain kokoh, baja ringan juga mempunyai beban ringan serta cara pemasangannya pun mudah.     

Kegunaan Dari Material Baja Ringan

Baja ringan yakni Baja ringan merupakan suatu material bangunan yang digunakan untuk kegiatan konstruksi. Kegiatan konstruksi tersebut dapat berupa pembangunan rumah, gudang penyimpanan, lokasi parkir, pabrik, dan sebagainya. Baja ringan terbuat dari bahan dasar campuran yakni antara aluminium dengan seng. Dengan sifatnya yang kokoh baja ringan mampu membuat bangunan menjadi lebih tahan dan meminimalisir terjadinya runtuhnya suatu bangunan.

Kelebihan dan juga Kekurangan dari Baja Ringan 

Kelebihan

  1. Tidak memiliki beban yang berat dan mudah saat dirakit atau dipasang.
  2. Baja ringan dapat bertahan lama dan memiliki sifat yang tahan terhadap cuaca yang ekstrim.
  3. Baja ringan mudah untuk dibentuk dan dipotong sesuai bentuk rangka atap atau desain bangunan yang kita inginkan. Selain itu, baja ringan juga bisa disambungkan dengan jenis atap-atap yang lainnya yakni dengan menggunakan material penghubung baja.
  4. Baja ringan mempunyai karakteristik yang lebih lentur jika dibandingkan dengan jenis atap-atap yang lainnya. Kelenturan dari rangka atap suatu bangunan tentu sangat penting karena semakin besar pula tegangan tarik atap, maka akan semakin banyak energi yang dibutuhkan.

Kekurangan

  1. Harga dari baja ringan relatif lebih mahal.
  2. Baja ringan mudah terbawa oleh angin, jika tidak dipasang dengan benar. Namun, apabila dipasang dengan benar, maka hal tersebut  tidak akan terjadi.

Itulah kegunaan dari baja ringan yang mampu meningkatkan ketahanan bangunan. Baja ringan merupakan material memiliki kelebihan atau keunggulan yang pada saat ini menjadi rekomendasi untuk digunakan dalam melakukan kegiatan konstruksi. Selain itu dengan menggunakan baja ringan akan meminimalisir terjadinya kerusakan pada bangunan seperti bangunan runtuh.  

Leave a Comment

Your email address will not be published.