ilustrasi kredit mobil baru

Mau Beli Mobil Secara Kredit? Yuk Ketahui Syarat Kredit Mobil Baru

Syarat untuk kredit mobil baru sekarang ini semakin diperketat. Hal ini terjadi karena pasar mobil Indonesia semakin meningkat karena kebutuhan dan daya beli dari masyarakat Indonesia yang semakin tumbuh. Terlebih lagi sekarang ini sudah hadir lembaga pembiayaan yang memberikan fasilitas pembelian mobil dengan sistem cicilan. Di mana simulasi kredit tersebut akan membantu Anda untuk memperoleh mobil impian Anda.

Terlebih saat ini persyaratan kredit mobil sangat mudah. Wajar saja jika penjualan kendaraan bermotor di Indonesia semakin melonjak. Untuk Anda yang tertarik mengajukan simulasi pembiayaan untuk mobil baru. Sebaiknya Anda mengetahui dulu prosedur dan syarat apa saja yang harus disiapkan sebelum mengajukan simulasi pembiayaan untuk mobil baru.

Syarat Pengajuan Kredit Mobil Baru

Di bawah ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan saat ini, sebelum mengajukan kredit mobil, antara lain:

  1. Pilih Dealer Terpercaya

Jika Anda berniat untuk kredit mobil baru, langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan memilih dealer ataupun leasing yang terpercaya. Caranya cukup dengan menghubungi dealer yang ada di dekat rumah. Jika ada rekan yang bekerja di dealer, maka jangan pernah sungkan untuk bertanya. 

Lalu, siapkan beberapa syarat kredit mobil yang harus Anda penuhi, antara lain:

  1. Merupakan WNI (warga negara Indonesia) dan berdomisili di Indonesia
  2. Berusia minimal 21 tahun dan maksimal 60 tahun saat kredit lunas
  3. Mempunyai pekerjaan dan juga pendapatan tetap setiap bulannya
  4. Konsultasi Kepada Pihak Leasing

Jika sudah menemukan dealer atau leasing terpercaya, maka langkah selanjutnya adalah konsultasi. Anda bisa menanyakan terlebih dahulu mengenai sistem pembiayaan pembelian mobil di tempat tersebut. Pastikan juga Anda memperoleh informasi yang cukup untuk pertimbangan pengambilan kredit.

  1. Tentukan Masa Kredit

Adapun syarat kredit mobil baru selanjutnya yaitu menentukan masa jatuh tempo pembiayaan mobil sesuai dengan kemampuan Anda. Disini, Anda bisa memiliki sendiri tenor pelunasan kredit. Dalam menentukan masa tenor tersebut, alangkah lebih baik Anda mempertimbangkannya dengan cara melihat rencana keuangan Anda sendiri.

  1. Pertimbangkan Down Payment dan Suku Bunga

Langkah berikutnya adalah dengan menentukan down payment dan juga suku bunga. Umumnya pihak leasing akan menawarkan DP yang fleksibel, misalnya 10%, 20%, 30%, dan seterusnya. Maka dari itu, semakin tinggi DP yang Anda berikan, maka semakin sedikit kredit yang harus Anda bayarkan.

  1. Siapkan Persyaratan Kredit Mobil Baru

Berikut ini adalah beberapa persyaratan yang harus Anda lengkapi, antara lain:

– KTP

– KK (Kartu Keluarga)

– NPWP

– Slip Gaji

– Bukti pembayaran PBB, rekening air, dan listrik

– Rekening koran selama tiga bulan terakhir

– Tagihan kartu kredit

Demikian penjelasan mengenai syarat kredit mobil baru yang harus Anda penuhi. Semoga bermanfaat bagi Anda semua.

Leave a Comment

Your email address will not be published.